Senin, 01 Februari 2021

HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN MELAKUKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI KAMPUNG CIKAPOL LEBAK


 Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) telah melakukan pengabdian masyarakat di Kampung Cikapol, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten. 

Pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan rutin tahunan Hima PTM Untirta sebagai salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat kali ini terasa sangat istimewa, lantaran digelar di penghujung tahun 2020 dan di awal tahun 2021.

Pengabdian kali ini, mengusung tema “Membangun dan Meningkatkan Potensial Masyarakat yang Mandiri sebagai Upaya Siaga Tanggap Bencana di Kampung Cikapol”.

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu membangun rumah masyarakat yang telah terdampak longsor,dan memberi edukasi tentang seberapa pentingnya pohon untuk penguat tanah.

Kegiatan pengabdian masyarakan ini digelar secara langsung oleh panitia dan peserta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (PROKES) COVID 19 dengan ketat

Ketua pelaksana (ketuplak), Reza Awalludin, menyampaikan bahwa pengabdian berupa membantu masyarakat pasca bencana tanah longsor, beberapa waktu lalu.

“Sebagai upaya meminimalisir terjadinya efek bencana di kemudian hari” jelasnya.

Sebelumnya, pengabdian masyarakat secara resmi dibuka Wakil Dekan (WD) III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Penguatan Kemitraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta, Damanhuri M,Pd. Dan pembukaan pengabdian masyarakat HIMA PTM ini disaksikan langsung oleh kepala jurusan PVTM Sulaeman deni ramdhani M,Pd. dan Pembina himpunan Atep iman M,Pd. 

Kegiatan Kegiatan yang dilaksanakan yaitu,membantu pembangunan jalan pada desa cikapol,membantu pembangunan rumah warga yang tedampak benca longsor penyuluhan dan penanaman pohon-pohon besar yang akarnya kuat agar bisa menahan struktur tanah, khususnya di daerah perbukitan.

Kegiatan “penyuluhan tanggap bencana” disampaikan perwakilan Pokja Relawan Banten, Lulu Jamaludin, dengan didampingi Ketua Hima PTM Untirta, Surya.

Diakhir kegiatan koordinator relawan kampung Cikapol yaitu Fais Faisal berterimakasih kepada himpunan mahasiswa pendidikan teknik mesin karena telah melakukan pengabdian masyarakat dan membantu masyarakat kampung Cikapol yang terkena bencana tanah longsor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar