Senin, 13 September 2021

5 Jenis Energi Terbarukan

 

Energi terbarukan adalah energi yang ditujukan untuk mengantika energi yang tidak dapat diperbaharui seperti batu baram,minyak bumi dan lain lain.energi terbarukan ini berasal dari bumi yang dapat dimanfaatkan terus menerus dan tidak habis.

Manusia pasti membutuhkan sumber daya energi pada setiap aktivitasnya,baik itu dengan sumber daya energi terbarukan maupun tidak

Energi terbarukan mampu diciptakan seiring berkembangnya teknologi di dunia yang semakin canggih,sehingga mampu menciptakan sumber energi alternatif

Manfaat dari energi terbarukan yaitu:

·         Meminimalisir efek pemanasan global

·         Sumber energi tak terbatas

·         Meningkatkan kesehatan masyarakat

·         Hemat sumber daya serta uang

·         Menciptakan lapangan kerja dan peluang

 

5 jenis energi terbarukan

1.       Tenaga surya



Tenaga surya yaitu jenis energi yang berasal dari proses penangkapan energi radiasi sinar matahari atau disebut juga tenaga surya,kemudian mengubahnya menjadi listrik.

                Tenaga surya bisa di ubah menjadi listrik melalui solar panel dikenal memiliki sebuah efek yang disebut efek fotovoltaik. Efek fotovoltaik ditemukan pada abad ke-18, tepatnya pada tahun 1839 oleh seorang ahli fisika asal Perancis bernama Alexandre Edmund Bacquerel.

2.       Tenaga angin



Angin merupakan salah satu energi yang sudah lama digunakan sebagai sumber energi di beberapa negara seperti Belanda,angin dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak kincir.kincir ini berfungsi sebagai alat pengelolahan biji bijian pada awalnya.

Sekarang ini,kincir yang menggunakan generator dapat menjadi kan sumber energi listrik dimana system kerjanya angin yang menggerakan kincir dan dapat menggerakan generator yang mengubah ke listrik.

3.       Energi ombak

Energi jenis ini digunakan untuk membangkitkan listrik. Hanya saja, untuk mengembangkan energi ombak ini membutuhkan infrastruktur dengan jumlah biaya yang relatif mahal.

4.       Energi pasang surut

Energi ini diperoleh dari hasil pasang surut air laut. Diketahui, energi jenis ini juga dimanfaatkan di pantai timur Amerika dan Eropa. Turbin yang dipasang tepi laut membantu mengubah energi dari pasang surut air laut menjadi energi mekanik untuk menggiling gandum.

5.       Energi panas laut

Air laut memiliki perbedaan temperatur yang mana bagian dalam air laut terasa dingin dan bagian permukaan air laut terasa panas karena terkena sinar matahari.

Perbedaan temperatur ini yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dengan menggunakan teknologi canggih.

Perlu diketahui, sumber energi saat ini berasal dari energi fosil dan energi terbarukan. Di Indonesia, masih banyak area potensial untuk mengembangkan energi terbarukan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar